logo text
Add to Library
logo
logo-text

Download this book within the app

Chapter 2 Kayak Naik Kora-Kora

Dengan tubuh lemah, letih, lesu, begah, susah jalan karena kebanyakan makan mi ayam. Aku berjalan sempoyongan di lorong-lorong kelas. Menunggu mereka berdua bercengkrama membuat naik nafsu segala. Dari nafsu makan sampe nafsu membunuh. Nafsu yang itu mah enggak. Belum waktunya.
Baru saja membelokan badan ke dalam kelas, seorang ibu memanggil-manggil setengah berlari. Suaranya membahana di seantero negeri. Wlee.
“Hey, Neng! Neng...tunggu...!” teriak Si Ibu yang nampak usianya tak jauh dari Umi. Cuman beda casing. Umi lebih langsing sementara ini seperti emak-emak bunting. Ihihi.
“Ibu manggil saya?” keningku berkerut. Penuh tanya apa gerangan maksud Si Ibu manggil-manggil anak perawan yang lagi kekenyangan.
“Iya Neng...mi ayam nya belum di bayar...sama es teh nya juga...jadi semuanya lima puluh rebu.” Owh ternyata Bu Kantin tho.
Hah?
“Apa, Bu? coba ulang, saya ngutang maksudnya?” mataku masih membulat sempurna saat supres tak terkira di tengah kerumunan para oppa remaja. “Hehe..., Bu, jangan prank dong, saya ultahnya masih lama.”
“Saya beneran inih, Neng. Masa lupa tadi jajan belom dibayar.”
“Iyah, tadi aku emang jajan...tapi... kan udah dibayarin sama Kak Safar.” Jelasku penuh semangat dan keyakinan.
“Ga ada Neng, Mas Safar cuman bayar punya dia sama temen ceweknya. Mi ayam dua sama es teh dua. Sedangkan Eneng kan mi ayam sampe tiga mangkok es teh nya empat gelas. Itu ga masuk hitungan lho.”
“Lha...saya kan dibayarin juga katanya sama Kak Safar.”
“Engga, Neng...sok tanyain sama orangnya kalo ga percaya.”
“Yaudah...saya bayar...tapi...saya ga bawa uang gocap, Bu. Besok aja ya bayarnya, saya ngutang dulu.” Ucapku sembari menahan malu di hadapan anak-anak lain. Dasar ketua OSIS minus tatakrama. Aku dibegoin. Malang.
“Iyadeh ga apa-apa...tapi awas jangan lupa.” Hadeh, kok wajah Si Ibu kantin jadi sangar gitu sih. Mentang-mentang aku ngutang gocap doang.
Dikiranya aku ga mampu bayar kali ya. Iihh, bener-bener tuh ketos somplak, ngerjain aja bisanya. Mana ada uang segitu lagih. Minta Umi ntar malah dimarahin.
Ahay! Ide brilian selalu muncul tiba-tiba. Gak salah, emang pinter anak Umi sama Abi ini.
Dalam kegalauan, ku ambil gawai pemberian Umi hasil jualan kue. Meskipun cuman 800k tapi bisa menghasilkan banyak uang jajan. Bisa juga lho buat bayar utang. Nih buktinya.
“Assalamu’alaikum, Cil...” alhamdulillah diangkat juga akhirnya setelah tiga kali panggilan malah dirijek. Meskipun manggilnya menusuk hati. Tak apalah.
“Cal cil cal cil...lambemu lho, Bwuaang...”
“Huahahaha...napa, Cil? Ganggu orang kerja aja.”
“Bang, jemput ya nanti jam 2.”
“Okeh, tapi telatan dikit ya, nganterin Sinta pulang duluan.”
“Emang Mbak Sinta pulangnya jam berapa?”
“Jam empat...bhahaha....”
“Gila lu, Bang. Masa gue nungguin ampe jam empat....”
“Apa, Cil...? Nungging...?”
“Wueddaaan....”
“....”
Tuh kan, nyerempetnya kemana aja kalo ngomong ama Si Manusia Singa. Padahal emang cuman Si Gondrong itu yang bisa nolongin. Yang dari orok selalu momongin juga ngelonin. E...e...e...sekarang udah engga dikelonin yah, catet.
Suara notifikasi chat masuk akhirnya berbunyi. Sudah pasti dari Si Gondrong.
[Oke, Cil. Ntar gue jemput jam 2. Jan nungging lho...hehe]
Alhamdulillah, hilang satu kekhawatiran Neng. Meskipun nyamber tungging menungging. Tinggal mikirin orang yang ngebuat aku harus ngutang mi ayam. Bikin malu. Tapi kenapa selalu bikin rindu. Huuuuuhhh!
Selama jam pelajaran terakhir, mataku sulit diajak kompromi karena perut sudah dimanjakan sama mi ayam. Virus ngantuk bener-bener merajalela sampe guru yang di depan kelas nampak seperti kabut. Tak nampak di pelupuk mata. Gelap.
“Olaaaan...!”
“Iya, Baaang.”
Seketika seisi kelas dipenuhi riuh suara tawa dan uhuy-uhuy. Heuh, kayak lagi ngegep ayam pacaran gitu.
Mataku dikerjep-kerjepin biar makin fokus pada subyek yang barusan ngegebrak meja.
Ahah. Bu Mala nampak melotot dengan kedua tangan di pinggang. Guru fisika itu nampak semakin cantik kalo taringnya lagi nongol. Ngebikin hati nyess. Gak bisa melalukan perlawanan. Tunduk. Takluk.
“Olan, cuci muka dulu sana.” titah Sang Guru Fisika yang suaranya nampak lembut menusuk gendang telinga. Untung belum korek kuping, jadi bisa terfilter oleh kotoran yang masih nongkrong di sepanjang koridor lubang dan gendang telinga. Maaf, bukan jorok tapi belum ketemu waktu yang pas buat merem melek.
Sampai bel pulang berbunyi pikiran masih melanglangbuana. Perpaduan antara masih pengen lanjut tidur sama kepikiran nasib ngegantung sama sikap misteriusnya Kak Safar. Aku juga kan manusia bukan amuba. Punya hati, punya otak, punya jantung, paru-paru, anggota gerak yang lengkap, panca indera yang mumpuni, dan alat reproduksi yang matang.
Seperempat jam menunggu jemputan di pos satpam, membuat mata seperti mesjid pas musim PPKM. Tutup.
Namun, dering ponsel menghempaskan mimpi yang datang menghampiri.
“Assalamualaikum!” ucapku lesu karena tau siapa gerangan yang membuyarkan mimpi lagi nonton berdua di bioskop sama Kang Chi Lok.
“Olan, nanti malem aku ke rumah ya! Chat alamatnya....”
“Mau ngapain?” tanyaku dengan perasaan kacau.
“Ya mau mengenal kamu lebih jauh lagi lah.” Sambungnya dengan tawa tipisnya. Sumpeh deh, tiba-tiba wajahnya langsung kebayang di pelupuk mata.
“Aku gak bi....” sambungan sudah terputus saat akan ku jawab. Tau gitu gak usah nelpon. Bikin resah pan.
Seketika jiwa bucinku meronta. Kalo dari nada bicaranya, sweerr manis banget. Aku malah jadi terpesona lagi.
Pinter banget ya Kak Safar mengguncang kejiwaanku. Jantungku dibuatnya kayak lagi naik kora-kora di Ancol. Kadang melesat hampir nembus ke langit tujuh. Namun seketika menukik terbanting nyungsep ampe ke dasar rawa-rawa.
Yaaaaa, meskipun sebenernya aku belum pernah naik kora-kora sih. Hehe.
Ini kan ibarat. Kalo dulu belajar Bahasa Indonesia itu pengibaratan. Majas apa gitu ya. Lupa.
Saat gawai kumasukan ke dalam tas, ku lirik penanda waktu di sudut kiri atas.
Deal, satu jam terlewati begitu saja. Lalu ku ucapkan nazar di palung hati terdalam. Sebagai wujud kekecewaan seorang rakyat jelata yang teraniaya di pos satpam hanya duduk termenung berdua. Berdua sama Mang Rohim. Satpam sekolah.
Jika dalam lima menit Si Manusia Singa gak nongol juga, aku harus langsung pulang ke rumah Bunda. Ngaduin kelakuan anak lanang satu-satunya, yang selalu dibangga-banggain katanya calon mantu idaman para emak-emak.
Dan kupastikan, minta konpensasi satu juta. Sebagai ganti rugi karena menunggu satu jam lamanya. Kan anjiw.
Tapi, kalo dalam lima menit dia akhirnya dateng. Aku janji Ya Alloh, rambutnya akan ku jambak dan ku tarik, kalo perlu ku pelintir sekalian sampe kantin mi ayam kelas XII. Kesel aku. Gak tau dia kalo aku lagi esmosi yang terpendam.
Kan bahaya kalo Eneng lagi emosi. Nasi sebakul bisa habis dimakan. Itu juga kalo lauknya ada ayam bakar lah minimal.
Tapi, akhirnya kupejamkan mata dan berdo’a dengan khusu’ semoga nazarku lancar jaya. Aku pun meraup oksigen sebanyak-banyaknya dan melepaskan karbon dioksida guna menetralisir rasa. Iyah, rasa yang pernah ada.
Sebelum waktu menunjukkan lima menit, aku beranjak menuju gerbang sekolah. Bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Tidak jadi dijemput oleh makhluk Tuhan yang paling seksi.
Ketika pandangan mulai nanar mengamati hilir mudik angkot dan babang sopirnya yang huy hay hey hey, sebuah sepeda motor berjok nungging berhenti di depan sepatuku. Meskipun kepalanya tertutup helm berkaca gelap, namun ku sangat hafal siapa dibaliknya.
Akhirnya Si Manusia Singa datang kurang dari lima menit.
Namanya Malikalfauzan. Semua memanggilnya Bang Malik, kecuali aku. Meskipun usia kita berjarak belasan tahun, aku masih remaja dan dia bujang tua. Hehe. Aku lebih nyaman memanggilnya Ojan. Tapi kalo dibelakang manggilnya Si Manusia Singa atau Si Gondrong.
Kenapa? Karena memang rambutnya yang gondrong berwarna pirang berantakan. Kayak rambut singa afrika yang lagi lari-lari nyari kancil yang lagi lengah.
Tubuhnya tinggi tegap. Berkulit putih kecoklatan. Hidungnya yang bangir menambah kesan gagah. Ditambah aksen bewok tipis di rahang kokohnya yang menggoda.
Orangnya cuek, nyantai, dan energik.
Eeh....kok malah muji-muji Si Manusia Singa sih.
Yang jelas, orangnya rese, usil, jail, ngeselin, bikin bete, bikin naik darah. Pokonya noraaaak abis.
Sayangnya, dia saudaraku. Abang sepupu yang menjagaku setelah Abi pergi.
Umi dan Bunda, ibunya adalah saudara sepupu. Mereka asli dari Cianjur begitu pula dengan Abi. Cuman Ayah yang bersuku Jawa. Dia berasal dari Jogja.
Ehm...ehm....
“Ojaaaan....” nazar yang tadi terikrar dalam hati segera direalisasikan dengan sempurna tanpa menunggu lama.
“Olaaan...gila lo...sakiitt...lepas ah.” teriaknya saat rambut pirangnya kutarik sambil kuseret ke depan kantin mi ayam.
“Diem...gara-gara elo telat, gue sendirian di pos satpam. Gimana kalo gue diculik hah?”
“Yaelah, mana ada yang mau nyulik cewek sadis kayak elo...belum dikawinin aja udah KDRT gini...” mulutnya nyerocos kayak petasan malem takbiran. “Lepas gak?”
“Diem, bentar lagi nyampe.”
“Sakit, Olan. Lepas atau gue cipok nih?” tangan segera kulepaskan setelah mendengar ancamannya. Hiihh jijay kalo beneran kena cipok bibir tipisnya yang selalu dipake nyengir kayak kuda.
“Hehehe...lain kali kalo elo nakal lagi gue cipok beneran.” tangannya menjawil hidungku yang gagal mancung. Beneran, ga suka.
“Sini minta duit gocap.” Tangan kanan kutengadahkan di depan muka cueknya.
“What? Ngimpi lo, Saodah?”
“Minta gocap buat bayar mi ayam."
“Cil, elo ngutang? Malu-maluin aja.” tangannya mengeluarkan selembar uang gocap dan segera ku ambil guna membayar yang katanya utang.
Dan, setelah pembayaran terlaksana dan aku dinyatakan sah lunas membayar utang mi ayam. Mulut Si Gondrong dipastikan akan memberikan ceramah gratis tanpa diminta.
Nah, anehnya tuh mulut kuat banget ngomel selama perjalanan dari sekolah ke rumah yang berjarak sekitar dua kilo meter.
Sementara aku, anteng di atas boncengan meski duduknya nyamping karena pake rok panjang. Ditambah lagi kedua telinga sudah tersumpal dengan kepala headset. Aman suraman.
“Cil, turun udah nyampe....” tangan kiri Si Gondrong mencubit betisku. Tak sopan ih. Emang aku kue. Kue cubit.
“Iyah, gue tau... nih tuan putri mau turun.”
“Cepetan, gue mau boker nih mules.”
“Bentar, tinggi banget ini, sus...aaaaaaaaa....” jidatku kejeduk pot bunga Umi. Huaaaaaa.
“Aaaaaa...sakit....” aku masih memegang kening yang nyut-nyutan dengan air mata merembes tak henti dari pelupuk mata.
“Lo sih gak hati-hati....” Si Ojan menghampiriku yang masih terduduk setelah tadi terjatuh dengan posisi sujud menumbruk pot kesayangan Umi. Pot bunga yang terbuat dari batu. Jelas kan sakitnya kayak gimana?
“Umiiii...sakiiit....” tangisku tak bisa dihentikan.
Setelah berdiri dibantu Si Ojan, aku segera masuk ke dalam rumah. Sementara Si Ojan mangekorku dari belakang.
“Olan....” teriaknya dan tanpa aba-aba tangannya meraba bagian belakang tubuhku yang paling berharga.
Tangan ini refleks menyambar pipi kirinya ketika kurasa bagian pantatku ditekan-tekannya.
“Ojaaaaaaaaaan...gila lo...” matanya melotot sembari memegang pipinya yang memerah. Rasakan.
Aset yang seharusnya tak terjamah kini telah ternoda oleh tangan-tangan jail sodara kamvret.
Kenapa? Kenapa dia tega?
Apa jangan-jangan dia mau merkosa aku ya? Apa selama ini mungkin dia punya pikiran mesum dan niat jahat pada adik mungilnya yang lucu dan comel ini?
Ya Alloh...kenapa?
#
hai, panggil aku Syaf... semoga kelan suka ceritaku ya!
slamat membaca buat semuanya!

Book Comment (50)

  • avatar
    AndreasJhon

    bagus

    16/08

      0
  • avatar
    Ramadhanzaki

    yabgus

    08/07

      0
  • avatar
    AurelEnjel

    wow

    27/06

      0
  • View All

Related Chapters

Latest Chapters